Hasil perawatan bodi di tiap kendaraan ditentukan oleh banyak faktor


Perawatan bodi kendaraan tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan perawatan rutin dari sisi engine. Perawatan berkala pada bodi kendaraan akan membuat tampilan kendaraan baik motor ataupun mobil akan selalu terlihat berkilau. Tapi tiap kendaraan akan menghasilkan kilau yang berbeda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut.

1. Pernis atau clear coat
Pernis yang masih dalam kondisi oke akan membantu menghasilkan glossy yang lebih baik jika dibandingkan dengan kendaraan yang memiliki clear coat yang sudah habis. Contohnya ada gambar diatas. Cat mobil tertutup oleh oksidasi parah plus swirl dan scratch. Syukurnya pernis aslinya masih oke. Jadi saat dipoles catnya bisa "hidup" kembali.

2. Oksidasi pada kendaraan
Oksidasi yang dimaksud disini adalah adanya lapisan "kotoran" yang menumpuk diatas cat asli sehingga cat terlihat kusam.

3. Warna cat
Warna cat sangat berpengaruh dalam visibilitas ke glossy-an sebuah kendaraan. Kawan-kawan tentu pernah tahukendaraan dalam hal ini contohnya mobil berwarna silver. Mau mobil itu bersih atau kotor tertutup debu, sekilas nampak tak ada bedanya. Tapi coba bandingkan dengan yang berwarna hitam. Debu atau kotoran sangat nampak sekali. Begitu juga kalau sudah bersih, kinclongnya ga ada yang ngalahin. Ow ya cat metalik dan solidpun akan menghasilkan kinclong yang berbeda.

Demikianlah beberapa faktor yang menurut saya berefek pada hasil akhir sebuah perawatan bodi kendaraan. Mungkin ada faktor lain yang belum disebut silakan kita diskusikan di kolom komentar.

0 Response to "Hasil perawatan bodi di tiap kendaraan ditentukan oleh banyak faktor"

Post a Comment